Jumat, 21 Mei 2010

Albert Einstein - E=MC2

E = m C2 Inti dari rumus tersebut adalah berat atau massa tidak akan berpengaruh ketika suatu benda bergerak di dalam kecepatan cahaya. Jika suatu benda bergerak dibawah kecepatan cahaya satu benda akan sangat terpengaruh oleh massa atau berat. Pada saat ini semakin cepat kecepatan benda maka suatu benda akan mengalami penambahan berat atau massa meskipun massa benda tetap, yang akan mengakibatkan semakin besar juga energi yang akan dibutuhkan untuk menggerakan satu benda jika benda tersebt bergerak masih di bawah kecepatan cahaya. Secara singkat begitulah teorinya dari rumus Einstein yaitu E = m C2.

Dengan kata lain, energi dan massa adalah setara, sebagimana yang dipaparkan Einstein pada Special Theory of Relativity pada 1905. Formula e=mc2 menunjukkan massa dapat diubah menjadi energi dan energi bisa diubah ke massa.
Dengan mengetahui seberapa besar energi yang akan dilepas jika sejumlah massa dikonversi ke energi, rumus ini telah digunakan berulang kali kebanyakan sebagai dasar membuat bom atom.
Namun memecahkan e=mc2 dalam skala partikel sub-atom dalam rumus yang disebut quantum chromodynamics sangatlah sulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar